Pengertian, Ciri-ciri, dan Jenis Iklan
DEFINISI, KARAKTERISTIK DAN JENIS IKLAN
Periklanan adalah undangan atau bujukan ditujukan kepada pembaca, pendengar, atau pemirsa yang menerima informasi tersebut untuk memakai atau menggunakan, segala macam hal yang ditawarkan dari produsen atau tawaran pengiklan.
Sebuah iklan yang baik harus memenuhi kriteria sebagai berikut:
1. Menggugah iklan reader / pendengar. berarti mereka harus melihat kebutuhan konsumen, memberikan solusi, dan memberikan perhatian.
2. Informatif dan komunikatif. Sebuah iklan harus menggunakan kata-kata yang jelas, ramah, mudah dimengerti, dan tidak bertee-tele.
3. Persuasif, berarti serangkaian kalimat dalam iklan harus membuat pelanggan nyaman, bahagia, tenang, dan menghibur. Jangan sampai kita membuat iklan yang langsung menilai negatif kesan pertama saat ini.
4. Tampilan iklan di media cetak seperti koran, majalah dan sejenisnya, serta media elektronik mealui seperti televisi, radio, film, dan sejenisnya.
Karakteristik iklan
1. Informatif
2. Komunikatif
3. Bahasa ini mudah dimengerti
4. Menarik
Jenis Iklan
Berdasarkan bentuk iklan dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu:
1. Kolom Iklan
Iklan kolom diiklankan dalam bentuk kolom (kotak), tarifnya dihitung per mm.
Iklan kolom iklan display halaman iklan ruang. Dengan lebar dari 36 mm sedangkan ketinggian mulai dari 30 mm sampai dengan ukuran maksimum 100 mm
2. Iklan baris
Iklan baris adalah iklan dalam bentuk atau bentuk garis dan menggunakan kata-kata singkat.
Iklan ini biasanya digunakan untuk mempromosikan produk / jasa. Iklan baris dihitung per baris.
Sementara berdasarkan tujuan, iklan dapat dibagi menjadi:
1. penawaran Periklanan (barang / jasa)
2. Iklan Cari
3. penjualan Periklanan
4. iklan Pekerjaan
5. Iklan pengumuman
Demikian pembahasan tentang Definisi, Karakteristik, dan jenis iklan. Semoga bermanfaat.
Selamat belajar... :)
Baca Juga
Post a Comment
Post a Comment