Pengertian, Ciri-ciri, dan Jenis Iklan

Pengertian, Ciri-ciri, dan Jenis Iklan

Definisi, Karakteristik, dan Iklan Jenis - Ada banyak cara untuk menyampaikan informasi kepada publik atau masyarakat. Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas tentang slogan-slogan dan poster. Pada kesempatan ini, kita akan membahas salah satu bentuk komunikasi yang biasa digunakan untuk menarik orang untuk ingin menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Salah satu bentuk komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam tambahan menarik untuk poster dan slogan, yaitu iklan. Iklan yang dibuat dengan tujuan mempengaruhi publik atau masyarakat yukampus. Kali ini salah satu iklan menjadi media yang sangat ampuh untuk menyampaikan ide, produk, atau jasa. Setiap hari kita melihat iklan baik di televisi, radio, dan media massa.

DEFINISI, KARAKTERISTIK DAN JENIS IKLAN


Periklanan adalah undangan atau bujukan ditujukan kepada pembaca, pendengar, atau pemirsa yang menerima informasi tersebut untuk memakai atau menggunakan, segala macam hal yang ditawarkan dari produsen atau tawaran pengiklan.
Sebuah iklan yang baik harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

1. Menggugah iklan reader / pendengar. berarti mereka harus melihat kebutuhan konsumen, memberikan solusi, dan memberikan perhatian.
2. Informatif dan komunikatif. Sebuah iklan harus menggunakan kata-kata yang jelas, ramah, mudah dimengerti, dan tidak bertee-tele.
3. Persuasif, berarti serangkaian kalimat dalam iklan harus membuat pelanggan nyaman, bahagia, tenang, dan menghibur. Jangan sampai kita membuat iklan yang langsung menilai negatif kesan pertama saat ini.
4. Tampilan iklan di media cetak seperti koran, majalah dan sejenisnya, serta media elektronik mealui seperti televisi, radio, film, dan sejenisnya.

Karakteristik iklan

1. Informatif
2. Komunikatif
3. Bahasa ini mudah dimengerti
4. Menarik

Jenis Iklan

Berdasarkan bentuk iklan dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu:
1. Kolom Iklan
Iklan kolom diiklankan dalam bentuk kolom (kotak), tarifnya dihitung per mm.
Iklan kolom iklan display halaman iklan ruang. Dengan lebar dari 36 mm sedangkan ketinggian mulai dari 30 mm sampai dengan ukuran maksimum 100 mm

2. Iklan baris
Iklan baris adalah iklan dalam bentuk atau bentuk garis dan menggunakan kata-kata singkat.
Iklan ini biasanya digunakan untuk mempromosikan produk / jasa. Iklan baris dihitung per baris.

Sementara berdasarkan tujuan, iklan dapat dibagi menjadi:
1. penawaran Periklanan (barang / jasa)
2. Iklan Cari
3. penjualan Periklanan
4. iklan Pekerjaan
5. Iklan pengumuman

Demikian pembahasan tentang Definisi, Karakteristik, dan jenis iklan. Semoga bermanfaat.
Selamat belajar... :)

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Popular